Saham  

Kenali Risiko Bermain Saham Online Sebelum Mencobanya

Kenali Risiko Bermain Saham Online Sebelum Mencobanya (pexels.com)
Kenali Risiko Bermain Saham Online Sebelum Mencobanya (pexels.com)

Saat ini saham online menjadi pilihan yang mudah untuk berinvestasi. Namun, Nada perlu mengetahui risiko bermain saham online jika tidak bisa memahaminya secara detail. Dibalik mudahnya melakukan investasi saham Anda perlu berhati-hati.

Bermain saham memang cukup memberikan banyak keuntungan. Namun tidak semua saham bisa menjadi tempat yang pas untuk mendapatkan uang. Karena banyak lika-liku dan naik turunnya harga saham yang sering membuat seseorang merasakan kerugian.

Risiko Bermain Saham Online

Sebelum masuk pada risiko bermain saham ada baiknya Anda mengetahui keuntungan dari saham tersebut.

Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Sudah pasti bahwa bermain saham bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Sehingga Anda bisa menjadi sukses dan memiliki masa depan yang cerah. Karena saham juga menjanjikan keuntungan dalam waktu cepat.

Memperoleh Dividen

Bermain saham juga bisa menjadikan Anda memperoleh dividen setiap saat. Ini adalah modal besar bagi Anda untuk terus bermain saham. Dengan begitu akan mudah mencapai sesuatu yang diinginkan dengan terus suksesnya saham tersebut.

Melipatgandakan Nilai Aset

Terus bermain saham dengan teknik dan sistem yang tepat maka bisa melipatgandakan nilai aset. Jika saham tersebut sudah berjalan cukup lama biasanya akan memberi keuntungan yang berlipat.

Nah, melihat dari keuntungan saham online memang menarik. Namun, Anda perlu berhati hati dengan risiko bermain saham online. Berikut adalah penjelasan lengkap untuk Anda yang ingin terjun ke dunia saham.

Harga Saham Bisa Turun Kapan Saja

Risiko saham online yang mungkin Anda hadapi adalah harga bisa turun kapan saja. Bahkan jangka waktunya sangat singkat dan membuat Anda merugi. Harga saham yang mungkin ANda beli biasanya tidak sesuai harapan.

Hal inilah yang membuat Anda untuk bersiap cut loss. Jika tidak mau melakukan cut loss biasanya saham Anda akan nyangkut ke harga atas.

Bisa Diprediksi Namun Tidak Bisa Dipastikan

Risiko saham online yang berikutnya adalah mudah untuk diprediksi. Namun sulit bagi Anda untuk memastikan harga saham tersebut. Sulit bagi Anda mengetahui kenaikan dan penurunan harga.

Suspend

Selain adanya cut loss biasanya bermain saham online sering terjadi yang namanya suspend. Pada dasarnya suspend berarti investor tidak bisa berinvestasi saham lagi.

Biasanya para investor tidak bisa melakukan transaksi hingga suspend tersebut dicabut. Sehingga perlu menunggu dengan waktu yang cukup lama. Jika sudah terjadi hal ini Anda hanya bisa pasrah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bursa efek memberhentikan perdagangan saham Anda. Biasanya karena harga saham turun drastis dalam waktu singkat dan perusahaan dipailitkan oleh kreditornya. Selain itu perusahaan juga tidak memberikan persyaratan yang diminta oleh otoritas bursa.

Likuidasi

Risiko bermain saham online yang sering dihadappi oleh investor adalah terjadinya likuidasi. Dalam hal ini emiten bangkrut dan tidak memiliki aset yang tersisa maka Anda harus merelakan saham. Memang cukup mengerikan tetapi ini adalah risiko dalam perdagangan saham.

Beberapa dari kasus tersebut masih ada perusahaan atau emiten yang memiliki aset. Sehingga Anda mendapatkan hak kepemilikan aset dari perusahaan tersebut. Walaupun porsinya sangat kecil tapi setidaknya kerugian Anda tidak begitu besar,

Nah, dengan begitu Anda harus bisa memantau pergerakan saham tersebut. Penting juga mencari perusahaan yang terpercaya dan bertanggung jawab atas investornya. Sehingga Anda akan lebih nyaman saat melakukan transaksi saham.

Itulah beberapa risiko bermain saham online yang mungkin perlu Anda perhatikan. Jangan sampai melakukan kesalahan sedikit saja karena bisa menimbulkan  sesuatu yang cukup fatal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *