Bahayanya Asap Kendaraan Bagi Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Bahayanya Asap Kendaraan Bagi Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Banyak sekali asap kendaraan yang dapat membahayakan dan bisa mengancam nyawa seseorang. Polusi tersebut biasanya menyebabkan pengendara mengalami problem di pernafasan bahkan penyakit lainnya.Saat ini, polusi udara sangat sulit untuk dihindari. Apalagi jika tinggal di kota metropolitan dan di kota-kota besar lainya yang ramai atau daerah industri di sekeliling tempat tinggal kita. Polutan mikroskopis di udara dapat menyelinap melewati pertahanan tubuh, menembus jauh ke dalam sistem pernapasan dan peredaran darah, merusak paru-paru, jantung, dan otak.

Polusi juga berkaitan erat dengan perubahan iklim. Pendorong utama perubahan iklim adalah pembakaran bahan bakar fosil yang juga merupakan kontributor utama pencemaran udara. Efek kesehatan dari polusi udara sangat serius, di antaranya adalah stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung. Ini memiliki efek setara dengan merokok tembakau dan jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam. Inilah beberapa alasan mengapa polusi udara memberikan pengaruh negatif pada kesehatan!
Untuk itu, kami akan menjelaskan secara detail mengenai berbagai emisi kendaraan beserta bahayanya jika terhirup oleh pengendara, yakni sebagai berikut.

Bahayanya Asap Kendaraan Bagi Tubuh Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Bahayanya Asap Kendaraan Bagi Tubuh Manusia

1. Karbon Monoksida: Dapat Menyebabkan Tubuh Kekurangan Asupan Oksigen

Asap kendaraan bermotor pun menghasilkan gas karbon monoksida.

Karbon monoksida merupakan hasil pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar bensin maupun bahan bakar lainnya pada setiap kendaraan.

Baca Juga  Honda CRF 150L Spek, Harga, Review, Warna

Karbon monoksida ini diklaim dapat menghambat kemampuan darah dalam membawa oksigen, sehingga seseorang mengalami sesak nafas bahkan menyebabkan asfiksia.

2. Hidrokarbon: Dapat Menyebabkan Masalah Asma, Paru-Paru Bahkan Kanker

Salah satu gas buangan pada kendaraan yang bisa membahayakan adalah emisi hidrokarbon.
Emisi hidrokarbon ini bisa menyebabkan berbagai masalah pernafasan seperti asma, paru-paru, bahkan bisa mengakibatkan kanker.

Sehingga, penerapan seperti ganjil genap di Jakarta bisa sangat mengurangi polusi udara. Karena seperti yang Kamu ketahui bahwa Jakarta merupakan salah satu kota penghasil polusi udara paling besar di Indonesia.

3. Partikulat, Dapat Menyebabkan Penyakit Pernapasan

Partikulat merupakan salah satu gas buangan asap kendaraan yang berukuran sangat kecil dalam satuan mikrometer.

Partikulat jika sering terhirup oleh pengendara akan mengakibatkan penyakit pernapasan.

4. Sulfur Oksida, Dapat Menyebabkan Hujan Asam dan Tumbuhan Mati

Memang, jenis buangan asap kendaraan ini tidak terlalu merugikan manusia. Namun dapat merugikan lingkungan.

Emisi gas sulfur oksida ini dapat bereaksi dengan uap air di awan dan membentuk asam sulfat.

Dan jika awan tersebut hujan, maka air hujan bersifat asam yang bisa membuat tumbuhan mati, memusnahkan berbagai jenis ikan, bahkan hujan asam pun bersifat korosif yang menyebabkan bangunan menjadi lapuk dan berkarat.

Apa Solusinya Agar Asap Kendaraan Aman Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan?

Dengan menerapkan emisi Euro secara penuh pada penggunaan bbm dan juga jenis kendaraan.

Maka akan sangat membantu untuk mengurangi polusi udara yang dapat membahayakan mahluk hidup, termasuk manusia, hewan dan juga tumbuhan.

Jika pemerintah menerapkan penggunaaan bahan bakar sesuai stKamur emisi euro, maka akan sangat mengurangi emisi dan polusi udara pun dapat diminimalisir.
Sesuai dengan aturan pemerintah untuk membiasakan pengendara menggunakan trasnsportasi umum pun sangat menekan angka polusi udara.

Baca Juga  Spesifikasi Daihatsu Sirion D Dan Sirion M

Karena penggunaan kendaraan semakin berkurang. Semakin sedikit transportasi mandiri, tentu akan sangat menekan volume asap kendaraan yang berakibat pada berkurangnya polusi udara di Indonesia.

Kesimpulan

Setelah mengetahui bahwa salah satu solusi untuk mencegah adanya polusi udara dengan menggunakan emisi euro.

Kamu pun bisa mengurangi polusi udara dengan membiasakan menggunakan transportasi umum untuk menekan angka polusi di negara Indonesia.

Selain itu, untuk Kamu yang memiliki mobil selain menerapkan emisi euro. Merawat mobil dengan melakukan cuci mobil sesering mungkin. Bisa menekan terjadinya debu dan polusi yang menempel di kendaraan Kamu.

Untuk itu, gunakan shampoo tanpa sentuh dari Grass Indonesia yang terbukti efektif membantu Kamu mencuci mobil tanpa Kamu sentuh. Perlu informasi lebih lengkap? Klik disini ya!

Semoga artikel ini dapat membantu Kamu yang sedang ingin mengetahui informasi mengenai bahaya asap kendaraan dalam jangka waktu yang lama jika terhirup langsung oleh mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *