Merawat Radiator Agar Tetap Awet

Tips Merawat Radiator Agar Tetap Awet

Merawat radiator perlu diperhatikan supaya radiator kita tetap awet dan tidak gampang rusak. Untuk Merawat radiator sendiri sebenarnya tidak begitu susah dan tidak merepotkan. Selain itu kita pastinya ingin agar radiator kita tetap awet, terjaga dan tidak gampang rusak. Jika radiator kita awet pastinya akan membuat kita tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli radiator yang baru. Maka dari itu tidak ada salahnya kita melakukan perawatan radiator supaya awet.

Radiator sendiri merupakan komponen yang cukup penting. Fungsi utama radiator ialah menjaga agar suhu mesin kendaraan kita tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebihan. Panas yang terlalu berlebih pada mesin mempunyai dampak yang buruk pada mesin dan sangat mengganggu kinerja mesin itu sendiri. Maka dari itu kita harus merawat radiator kita agar kinerja nya tetap terjaga sehingga kinerja mesin kita sendiri juga tetap maksimal. baca juga: 6 Cara Modifikasi Mobil Beserta Taksiran Harganya

Pada saat ini kendaraan yang memakai radiator selain di mobil juga banyak loh terdapat di motor seperti misalnya pada Yamaha xeon injeksi. Selain motor jenis matic, motor sport juga ada yang menggunakan radiator seperti misalnya Yamaha vixion. Baik di mobil ataupun motor, radiator kita tetap harus mendapatkan perawatan agar mesin kita sehat dan tidak overheat.

Cara merawat radiator :

Merawat radiator dengan cara selalu memperhatikan cairan cadangan.

Lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas upper dan lower. Jika kita mengisi cairanya diatas batas dapat menyebabkan meluap ketika panas dan akan menyebabkan kurangnya cairan.

Baca Juga  Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Yang Terdapat Di New Hyundai Santa Fe

diharapkan mengisi radiator menggunakan cairan khusus

Merawat radiator diharapkan mengisi radiator menggunakan cairan khusus (coolant) karena mengandung bahan pencegah karat, kerak, mengurangi penguapan dan stabilitas suhu. Cairan khusus radiator ini juga selain bagus untuk radiator efeknya ke mesin menjadi bagus karena otomatis mesin lebih dingin dikarenakan kinerja radiator yang baik. Jangan menggunakan air murni sebab tidak punya sifat seperti coolant yang bisa mengatur daya hantar panasnya lebih baik.

Merawat radiator dipastikan juga memperhatikan tutup radiatornya

terutama pada karet radiator. Tanda utama kendala radiator kita perlu mendapat perhatian ekstra ketika isi tangki cadangan berkurang dengan cepat dimana hal itu berarti ada masalah pada sistem pendinginan. Kemungkinan ada kebocoran dari tutup (tidak rapat atau sil karet getas) atau kisi-kisi radiator retak dan robek, yang perlu kamu ketahui juga Cara Cek Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi agar kendaraan mu selalu dalam kondisi baik.

Merawat radiator dengan membersihkan radiator secara rutin.

Kotoran yang menempel pada dingding radiator membuat sirkulasi udara terganggu. Kita dapat membersihkanya dengan cara semprotan air bertekanan sedang dikarenakan tekanan tinggi malah dapat merusak kisi – kisi radiator tersebut. Jika ada kotoran membandel, cabut dengan pinset atau mungkin sikat dengan sikat gigi yang biasa kita pakai. setelah itu Cairan pada Ruang Mesin, Jangan Lupa Untuk Selalu Dicek

Sekian artikel Tentang Cara Merawat Radiator Supaya Awet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin radiator mobil atau radiator motor nya tetap awet dan terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *